bismillah
oleh: Alamsyah gautama
Sejarah pada 10 Muharam 61 Hijriah dimana terjadi Karbala yang menghadapkan Husein cucu Rasulullah yang ber pengikut sebanyak 72 orang dengan Yazid cucu Abu Sufyan yang ber tentara sebanyak Rp30.000. tentara Hussein mengalami kekalahan dan kepala Husein sendiri dipotong membersihkan jutaan orang yang turun ke jalan-jalan untuk mengenang tragedi ini. kesadaran sejarah ini yang membersit ketika pada 10 Muharam 1398 jutaan orang turun ke jalan-jalan di Teheran. yang paling depan memakai kain kafan, siap menyambut Syahadah. ketika senjata mesin menghujani mereka kain kafan diwarnai cipratan cipratan darah. Ribuan Orang berguguran. Mihrab Syiah adalah Mihrab darah, dalam hidup Syiah tiap hari merupakan Asyura setiap tempat menjadi Karbala. semboyan inilah yang dikumandangkan oleh revolusi Islam di Iran yang mengungkapkan Kesadaran sejarah yang tertanam pada anak-anak Iran
Dengan kesadaran ini, kita akan melihat lebih
terang kehidupan dan pandangan Ali syariati . syariati merasa terikat secara
emosional kepada ayahnya yang meninggalkan gemerlapnya Teheran dan memilih
padang pasir kafir: kepada Al khuza'i hamadani Seorang sufi yang dibakar
hidup-hidup karena mempertahankan keyakinan keyakinannya kepada Imam Husain dan
imam-imam Syiah lainnya yang terbunuh sebagai Syuhada kepada Ali bin Abi
Tholib, kepada Muhammad SAW. bahkan kepada seluruh Nabi dan rasul yang bangkit
menentang Tirani yang memihak kelompok mustadh'afin
Pola hidup syariati bukan saja dibebankan
amanat yang diwarisi dari nenek moyangnya tetapi juga beban yang berat untuk
mencari kebenaran dan keadilan an-nur kan sepanjang sejarah dan pada setiap
zaman oleh mereka yang tertindas teraniaya dan terhina tulis Golam abad voli
ketika menguraikan sekilas riwayat hidupnya. syariati memandang hidupnya
sebagai kelanjutan rentangan sejarah umat yang tertindas dan emosinya akan
bangkit ketika ia bercerita tentang Husein melawan Yazid Ali menentang muawiyah
bahkan mendiskusikan filsafat dalam kisah qobil dan Habil.
Menurut syariat, para Nabi Ibrahim Iyah adalah pelanjut pelanjut perjuangan Habil. para nabi Para nabi menurut syariati adalah orang-orang yang terlahir dari tengah-tengah masa lalu memperoleh tingkat kesadaran yang sanggup mengubah suatu masyarakat korup dan beku menjadi kekuatan yang bergejolak dan kreatif yang pada gilirannya melahirkan peradaban kebudayaan dan pahlawan. para nabi datang bukan sekedar mengajarkan dzikir dan doa melainkan datang dengan suatu ideologi pembebasan.
Dalam salah satu karyanya Husein pewaris Adam
syariati menunjukkan bahwa Islam Bukankah ideologi manusia yang terbatas pada
masa dan Persada tertentu tetapi merupakan arus yang mengalir sepanjang
perjalanan sejarah yang tidak henti-hentinya menurutnya, setelah Nabi dan Rasul
wafat yang menjadi pelanjut perjuangan mereka adalah kaum intelektual rausyan
Fikri. maksudnya adalah kaum intelektual dalam arti yang sebenarnya yang bukan
hanya sarjana bukan hanya ilmuwan melainkan orang yang terlibat secara kritis
dengan nilai tujuan cita-cita yang mengatasi kebutuhan-kebutuhan praktis dan mencoba
membentuk lingkungannya dengan gagasan analitis dan normatif dan menguasai
ajaran Islam
Pada
diri syariati kita melihat sifat-sifat Ulil Albab ayahnya telah menjadi model
Ulil Albab baginya yang telah mewariskan perjuangan kepada kebenaran Kerinduan
kepada Syahadah dan ketertarikan kepada Islam titik gairahnya mencari ilmu
menyebabkan Ia belajar Bukan saja di ruangan kelas namun juga di luarnya. pada
saat itu ia menjadi mahasiswa fakultas sastra, syriatyi menunjukkan daya
kritisnya. ia sering berdebat dengan dosen dosennya titik sebagai intelektual
ia melatih dirinya terjun mendidik masyarakat ia mengajar pada beberapa sekolah
menengah.
Tahun 1960, ia berangkat ke Perancis untuk melanjutkan studi dalam bidang sosiologi. tak hanya metode baru dalam mengikis masyarakat tetapi juga informasi yang di negerinya sendiri tidak ia peroleh kemudian ia dapatkan. 4 tahun kemudian ia pulang ke Teheran dengan gelar doktor seorang istri dan 2 anak namun Iran menyambutnya dengan kejaran. setelah keluar tahanan ia kembali mengajar seperti dahulu dan diterima mengajar di universitas Masha titik metode mengajar nya yang tidak konvensional menarik para mahasiswa. namun pihak universitas memandang kuliah Syariah di sebagai hasutan yang membahayakan rezim yang memerintah sehingga ia dipindahkan kan ke Teheran. di sana di salah satu Institut keagamaan husainiyah Irsyad ia memberikan kuliah-kuliah tentang Islam, namun ia tak banyak berbicara dengan para intelektual melainkan hanya rakyat Iran. seperti yang diduga, husainiyah Irsyad juga ditutup dan shariati kembali mendekam di penjara. setelah keluar dari penjara meskipun diawasi ketat oleh agen-agen rahasia Ia tetap memberikan ceramah-ceramahnya.
Hidup
syariati adalah hidup yang bergejolak, bergerak dan Tak Kenal lelah. seperti
pandangan-pandangannya, hidupnya adalah panggilan untuk Ulil Albab yang
mengajak secara tegas dan dan untuk membawa umat manusia bebas dari segala
ketertindasan dengan ilmu-ilmu yang dimiliki yang dapat Dengan memahami
keyakinan dasar dan proses sejarah yang membentuk mereka Dalam ideologi dan
kaum intelektual ia menegaskan kembali peran agama sebagai ideologi yakni
keyakinan yang dipilih secara sadar untuk memberikan respon pada kebutuhan dan
masalah masyarakat yang terjadi. agama sebagai ideologi bukanlah agama yang
mempertahankan legitimasi statusku tetapi memberikan arah kepada bangsa untuk
mencapai apa yang dicita-citakan.
kebudayaan
dan ideologi parahang
Salah
satu konotasi Farhan dalam bahasa parsi merupakan terjemahan dari kata Cultuur
dalam bahasa Inggris dan kata itu merupakan terminologi baru di Iran ahli
sosiologi eropa dan para pendiri mazhab pemikiran tertentu sangat banyak
menyandarkan diri kepada kata kebudayaan, di antara mereka seperti Morris dan
World spangler telah menafsirkan Kebudayaan sebagai sesuatu struktur utama
masyarakat manusia. Spangler khususnya, mendirikan mazhabnya atas dasar aliran
kebudayaan, ia berkeyakinan bahwa hidup aktif dan matinya suatu masyarakat
tergantung pada kebudayaan yang disandangnya. Oleh karena itu, dalam
menciptakan misi dan motivasi sosial dalam kurun waktu tertentu para pemimpin
dan unsur-unsur pelopornya harus mengambil bagian dalam pemugaran kebudayaan
sejak memperoleh penghargaan itu, kemudian menjadi persoalan sensitif dalam
perkembangan memasuki pengkajian pengkajian sosiologi dan pemerintahan. setiap
orang mulai menafsirkan menurut pandangan mereka sendiri dan selanjutnya kata
itu memperoleh popularitas dalam ilmu ilmu sosiologi Psikologi dan antropologi
Bagi
kita dan orang sebelum kita, Sejarah adalah sekumpulan kejadian masa lampau
yang terjadi atas proses berkesinambungan dari lahir tumbuh rendah, dan
runtuhnya masyarakat dan pergantian masyarakat lama oleh yang baru Namun
menurut ahli kebudayaan sejarah tidak terdiri dari satupun paste di atas tetapi
sejarah terdiri atas pengkajian pengkajian terhadap kebudayaan manusia
sepanjang zaman dari awal masa hingga kini. memadai lah untuk mengatakan Farhan
yang tak diperhatikan sebelumnya di negara Iran menemukan identitasnya dalam
kebudayaan kita titik jelasnya Farhan yang bermakna ke tidak sopan santun dan
etika dalam kebudayaan kita digantikan dengan konsep kebudayaan Barat oleh
pemikir-pemikir merdeka kita. hal itu memang pilihan yang tepat
Peradaban
Salah
satu definisi peradaban dan kebudayaan adalah keseluruhan akumulasi material
dan spiritual umat manusia. definisi lain dikatakan kebudayaan dan peradaban
adalah seluruh kekayaan materi dan spiritual suatu ras atau masyarakat tertentu
Kebudayaan
dan Peradaban universal
Kebudayaan
Kebudayaan dan peradaban terdiri dari kekayaan kekayaan dan penciptaan
penciptaan yang diakumulasikan oleh berbagai generasi dan masyarakat. keduanya
membimbing seluruh umat manusia berkembang dari keadaanmu madis ke zaman baru
mengantarkan manusia dari peradaban rendah ke peradaban yang lebih tinggi.
Kebudayaan
dan peradaban etnis
Kebudayaan
dan peradaban etnis terdiri atas keseluruhan produk-produk dan kekayaan
kekayaan yang khas untuk setiap ras. artinya keduanya mengandung ciri-ciri
tertentu yang membedakan satu bangsa dengan bangsa lainnya Menurut Ibnu Katsir
atau pemikir kulit hitam yang mewakili ras Afrika peradaban tidak dapat di
monopoli hanya ada satu peradaban dan oleh karenanya sebutan senama bagi
seluruh umat manusia adalah peradaban titik Salah satu fenomena nya adalah
teknologi yang menjadi tulang industri di Eropa titik menurutnya juga
kebudayaan adalah aspek etnis dari peradaban, sedangkan peradaban adalah ah
aspek umum dari kebudayaan.
Orang
barat mengklaim bahwa kebudayaan adalah fenomena khas yang mampu dihasilkan
oleh ras ras unggul yang tentu saja harus mempunyai perkembangan sistem saraf
otak dan intelegensi yang istimewa sehingga hanya sedikit beras yang memenuhi
syarat melahirkan kebudayaan dan mempersembahkannya kepada ras-ras lain yang
tidak mampu menciptakan nya. saat ini hanya ras-ras Jerman yang mampu
melahirkan kebudayaan dan ras-ras Barat saja yang yang layak melahirkan
kebudayaan. sedangkan ras kulit hitam tidak sebab menurut mereka orang kulit
hitam memiliki kekurangan intelijen intelegensia yang berbeda dengan mereka.
secara
mendasar Peradaban Mekar bau membahu
bersama lembaga perbudakan titik perbudakan membebaskan ras-ras unggul dari
pekerjaan kasar dan memberikan banyak peluang bagi masyarakat untuk
mengembangkan kekuatan mental mereka titik sedangkan yang mengerjakan pekerjaan
kasar adalah budak-budak. mendefinisikan kebudayaan dan peradaban bahwa
peradaban masa ini dihasilkan oleh berbagai bangsa yang telah berusaha keras
mengembangkannya sepanjang sejarah. karenanya peradaban barat seperti yang kini
terdapat di barat tidak lagi mempunyai arti merupakan pembelaan terhadap kaum
rasnya yang dianggap memiliki kebudayaan dan ingin mengembalikan kepercayaan
rasnya yang telah runtuh selama 3 abad penghisapan dan tipu daya muslihat
Eropa. sehingga dia menegaskan bahwa kebudayaan adalah fenomena nasional.
Orang
timur yang semu Eropa yang menjelmakan diri mereka menjadi pemikir-pemikir
merdeka adalah palsu semata titik mereka hanya menyandarkan segala kebutuhan
mereka kepada Eropa. namun mereka tidak mempunyai hubungan dengan keadaan
aktual mereka keluarga masyarakat dan situasi kelas mereka. itulah mengapa air
Makassar yang membantah bahwa kebudayaan bukanlah barang konsumsi milik
peradaban manusia. kebudayaan bukanlah barang temuan.
Modal
kebudayaan
Segala
sesuatu yang telah diakumulasikan sebagai kebudayaan Iran: prinsip-prinsip
Islam kisah mistis, seni, filsafat dan filosofi Islam membentuk kebudayaan kita
titik semua itu diwujudkan oleh pribadi, satu kelompok, suatu generasi ke
generasi ataupun suatu kurun waktu. suatu kebudayaan tidak terisolasi dari
esensi suatu masyarakat yang dengan kemusnahan nya akan musnah pula suatu
negara. kebudayaan lebih merupakan sifat bawaan suatu masyarakat daripada salah
satu sumber daya material atau aktivasi modal yang melekat pada pinggiran atau
tengah-tengah masyarakat titik kebudayaan adalah suatu proses Bagaimana cara
menjadi? dan ia adalah esensi kemasyarakatan maupun spritual dari ras atau
bangsa tertentu.
Pembawaan
falsafah
Pembawaan
ini menyangkut berbagai manifestasi manusia titik seorang yang bukan memadai
dalam suatu keadaan disuruh untuk mencoba keadaan tersebut akan bingung dengan
keadaan itu
Pembawaan
ilmiah
Kebanyakan
orang memiliki suatu pembawaan ilmiah namun tidak memiliki pembawaan keteknikan
Pembawaan
sosial-politik
Orang
yang mempunyai dalam sosial politik akan terlihat menonjol Dan unggul dalam
kepemimpinan titik sebaliknya jika seorang individu yang lemah pembawaan sosial
politiknya dipilih menjadi pemimpin maka pemimpin lain yang mengangkat dirinya
akan tetap muncul mengatasi pemimpin tersebut.
Pembawaan
artistik
Pembawaan
artistik berarti orang yang tidak akrab dengan hal-hal yang berbau keteknikan,
ilmiah maupun filsafat tetapi menguasai suatu pembawaan tertentu
Kesadaran
teosofis dan agamis
Kesadaran
teosofis dan agamis merupakan perasaan-perasaan yang istimewa, satu jenis
kehendak hati dan kekudusan sebagaimana rahasia Cinta tertentu dalam diri
manusia dan kebudayaan kebudayaan baik yang bersifat nasional seperti yang
didefinisikan oleh animecast air maupun yang bersifat universal sebagaimana
yang diyakini oleh orang-orang barat didasarkan pada kesadaran kesadaran ini.
kebudayaan itu setidaknya merupakan manifestasi dari salah satu kesadaran ini
Jadi
dalam suatu definisi yang tepat dan ringkas, kebudayaan terdiri dari
manifestasi berbagai kesadaran falsafah kesetaraan artistik agamis ilmiah,
keteknikan politik dan sebagainya. semua ini muncul dalam setiap kebudayaan
walaupun kesadaran yang paling kuat selalu memainkan peran yang paling dominan
dalam formasi suatu kebudayaan titik akhirnya berdasar keberadaan berbagai
kesadaran tadi kita dapat mengelompokkan semua kebudayaan
Ideologi
Para
ahli sosiologi telah mendefinisikan semua jenis pembawaan tapi tidak menyadari
adanya pembawaan yang paling berharga dan bernilai yang bukan ilmu teknologi
seni, cita rasa keagamaan maupun sosial politis. akan tetapi ia merupakan suatu
kesadaran diri yang istimewa. kesadaran diri ini selalu bersinar bagai kilat
sebentar menyinari ke sekeliling dan segera menghilang yang menjadi cirinya
dalam sejarah.
kualitas dan nilai kesadaran diri
Kesadaran
diri manusia bukanlah manifestasi dari tipe-tipe kesadaran politik sosial dan
lain sebagainya maupun produk dari semua itu melainkan sama sekali independen\
Desain
masalah dari suatu perspektif lain
Setiap
kelompok yang bernaung di bawah suatu ciri tertentu akan memberikan perspektif yang lain dengan kelompok lain. suatu masyarakat dibentuk oleh sebuah ideologi
yaitu kesadaran diri tertentu seorang manusia yang membentuk masyarakat yang
akan memberikan pandangan mereka dengan perspektif yang berbeda dengan
masyarakat yang berbeda ideologi dengannya
Masyarakat
Islami
Agama menemukan bangsa Persia Romawi Turki, Arab, suku badui di padang pasir Arabia dan penduduk yang berkiblat pada peradaban Yunani yang pada awalnya mereka tidak mempunyai filsafat seni politik hukum maupun keterampilan teknik menemukan segala berkat salah satu kesadaran diri mereka tidak ada suatu kekuatan dalam diri manusia yang mampu membentuk masyarakat dan Mencetuskan gerakan maupun tujuan-tujuan masyarakat keberadaan iman dan ideal-ideal masyarakatlah yang berperan dalam mempersiapkan suatu masyarakat dan memunculkan kaum muda ke permukaan kemudian dalam suatu masyarakat muda bakal tumbuh mekar hal-hal seperti citarasa perpuisian keindahan dan kebaikan.
Peradaban
Madinah
Madinah
100 tahun setelah zaman di mana Disana hanyalah desa kecil dengan penduduk asli
kaum Aus dan khazraj serta seorang Yahudi tukang permata dan keluarganya
menelan kebudayaan-kebudayaan timur dan barat serta menjadi penampung pemikiran
pemikiran dan kebudayaan-kebudayaan itu. orang-orang di sana menerjemahkan dan
mengumpulkan semua pengalaman manusia yang pernah ada dari karya-karya
filosofis hingga keteknikan.. dari sinilah guru-guru besar menyebarkannya ke
seluruh penjuru dunia.
Kesadaran
diri
Weda, yang disebut di Yunani dan India
merupakan suatu pengetahuan khusus dalam melihat atau suatu pandangan yang
merupakan senjata sejenis kesadaran diri serta kemampuan melihat yang tersembunyi
untuk menemukan jalan dan merupakan jenis Tabula Rasa dari pikiran tidak akrab
dengan filsafat dan teknologi maupun hal lainnya yang menemukan jalan seperti
itu.
Apakah
yang dimaksud dengan Hikmah atau kebijaksanaan?
Hikmah
bukanlah suatu ilmu filsafat maupun teknologi titik-titik mah mengandung suatu
ajaran istimewa yang oleh seorang Umi didatangkan kalangan rakyat jelata untuk
membangun suatu masyarakat baru dan kebudayaan baru. Alangkah indahnya isyarat
dari Alquran siapapun yang dimunculkan untuk menjadi pemimpin selalu berasal
dari jantung rakyat, dialah seorang Ummi.
Ideologi
dan kaum intelektual
Kata
ideologi biasa diasosiasikan dengan kaum intelektual, keduanya saling
melengkapi titik dengan alasan ini, kaum intelektual seharusnya punya suatu ide
yang gamblang tentang Kata ideologi ideologi yang dibentuk oleh kata idea yang
berarti pemikiran kekayaan, konsep keyakinan dan sebagainya dan kata logika
yang berarti logika ilmu atau pengetahuan dapat didefinisikan sebagai ilmu
tentang keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan. menurut definisi tersebut
ideologi adalah suatu penganjur suatu keyakinan atau ideologi tertentu dalam
konteks ini ideologi mengandung keyakinan keyakinan dan gagasan-gagasan yang
ditaati oleh suatu kelompok Suatu kelas sosial suatu bangsa atau suatu ras
tertentu. Sedangkan ilmu adalah pengetahuan manusia tentang dunia fisik dan
gejala-gejalanya
Selama
ini ideologi dikaitkan dengan filsafat titik tetapi harus diingat bahwa
ideologi hanya sedikit berhubungan dengan filsafat, sebagaimana halnya dengan
ilmu pengetahuan filsafat dapat diartikan sebagai pencarian untuk memahami
sesuatu yang umum dan tidak diketahui, yang ilmu pengetahuan sendiri tidak
mampu mencapainya. ideologi meyakini 3 peringkat titik yang pertama adalah cara
kita memahami dan menerima alam semesta kemaujudan dan manusia titik peringkat
kedua terdiri atas cara tertentu kita dalam memahami dan mengevaluasi segala
benda dan gagasan yang membentuk lingkungan sosial dan lingkungan mental kita
titik peringkat ketiga berupa usul-usulan metode metode pendekatan pendekatan
dan ideal-ideal yang akan kita manfaatkan untuk mengubah status quo yang tidak
memuaskan kita titik pada peringkat ketiga inilah ideologi harus memulai
menyelenggarakan misinya dengan memberikan bimbingan melalui usulan-usulan
tujuan-tujuan dan ideal-ideal yang diinginkan serta rencana rencana praktis
yang di atas dasar itu kondisi yang sedang berlangsung pada suatu masyarakat
mesti berubah dan berkembang
Ideologi
menuntut para intelektual bersikap Setia titik bagi ideologi tertentu
ideologinya adalah suatu keharusan titik tidak seperti filsafat dan ilmu
pengetahuan yang tidak menganut suatu komitmen seperti itu titik-titik Sahabat
tidak sepenuhnya membentuk ideologi titik manusia kebanyakan lah yang membentuk
ideologi-ideologi Serta mengajukan tujuan-tujuan ideal mereka titik yang pasti
nabi-nabi lah yang memperkenalkan ideologi-ideologi mengubahnya menjadi
keyakinan-keyakinan serta memimpin rakyat dalam kebanyakan dalam praktek-praktek
mereka.
Hubungan
ideologi dengan agama dalam bentuk tak ideologisnya agama adalah seperti yang
dikemukakan oleh durkheim suatu kumpulan via Kinan warisan nenek moyang dan
perasaan-perasaan pribadi agama jenis ini tidak harus merupakan manifestasi
dari semangat dan ideal kemanusiaan sejati titik agama ini juga lazim ditemukan
di Teheran. ada agama lain yang agak berbeda dengan yang dikemukakan oleh
durkheim dan itulah ideologi yang dianut oleh suatu pribadi atau suatu
masyarakat atau suatu bangsa melalui kehendak bebasnya sendiri titik tetapi
agama tradisional itu terlalu tegar untuk memperbolehkan kebebasan ideologisnya
Tetapi
sebagai ideologi agama adalah keyakinan yang secara sadar dipilih untuk
menjawab kebutuhan-kebutuhan serta masalah-masalah yang ada. ia mengarahkan
suatu masyarakat atau suatu bangsa untuk mencapai tujuan-tujuan dan ideal-ideal
yang mereka cita-citakan yang untuk tujuan dan ideal tersebut mereka rela
berjuang dan bertempur seseorang yang sedang memilih suatu ideologi pertama
kali akan berpikir tentang status kelas sosialnya ekonomi dan politik
masyarakatnya serta keadaan masa itu titik dalam sejarah ada dua agama atau 2
peringkat. agama jenis pertama adalah agama ideologi sedang agama jenis kedua
adalah agama sebagai suatu kumpulan tradisi tradisi daerah atau
konvensi-konvensi sosial atau sebagai semangat kolektif suatu kelompok
Bila
sekelompok orang atau suatu kelas atau suatu bangsa mulai memilih agama baru
secara sadar dan bebas sebagaimana yang dilakukan oleh suatu kelas masyarakat
tertentu di Arabia dahulu ada atau suatu bangsa yang tercampak dan tertindas di
Iran sajalah maka keyakinan terpilih itu akan mengambil suatu bentuk ideologis,
karena ia secara sadar dianut untuk mencapai suatu tujuan tertentu atau
memenuhi suatu kebutuhan sosial
Untuk
menguji ideologi dalam kerangka gerak historisnya kita bisa memulai dengan
zaman pertengahan titik periode sejarah tersebut merupakan kombinasi dari agama
tradisional agama gereja agama feodalisme abad pertengahan Eropa yang menerima
Kristen sebagai agama resmi dan mapan titik pada periode inilah Bible
diterjemahkan kedalam bahasa Latin yang
merupakan bahasa kaum bangsawan gereja dan aristokrasi yang berkuasa. Bibel
tidak boleh di terjemahkan kepada bahasa lain titik gereja mengklaim bahwa
bahasa Latin adalah bahasa Tuhan. pada abad ke-15 dan 16, saat Residence Eropa
meraih kesadaran dirinya dengan menemukan diri dan bergerak dari tradisi ke
ideologi titik abad ini kaum intelektual masyarakat juga Tengah mengalami
pergeseran yang serupa berpindah dari agama dan kepercayaan tradisional kearah
Ideologi dan pemikiran-pemikiran baru tetapi tidak berarti mereka sedang
memusnahkan agama lama.
Abad
15 dan 16 mengalami suatu kebangkitan besar-besaran secara tiba-tiba menentang
agama Ortodoks dan menguasai Eropa hingga hadirnya refinance. abad ke-17 datang
sebagai obatnya kelas intelektual yang telah terbebaskan dari pengaruh gereja
itulah intelektualitas yang terbebas kan terbebaskan dan sadar. kemudian abad
18 sebagai masa kebangkitan nasional dan revolusi kemerdekaan yang merupakan
abad Humanis humanitarianisme. kaum intelektual masa itu memiliki
pemikiran-pemikiran analisis dan pemikiran-pemikiran yang bersifat mendidik
mereka mendukung demokrasi kebebasan kemanusiaan dan Revolusi Perancis.
Abad
19 merupakan abad ideologi titik revolusi di Eropa sejajar dengan kemajuan
mental individu titik pada awalnya Eropa adalah penjiplak yang membabi-buta
titik kemudian selangkah demi selangkah Ia belajar mengenali dirinya sendiri
titik selanjutnya Eropa tampil melawan fanatisme dan berpikir kritis dalam
menganalisis yang kemudian mengantarkannya mempunyai keyakinan yang khas dan
jelas Suatu bentuk ideologi titik pada abad itu Eropa menghasilkan banyak
ideologi besar bahkan eksistensialisme yang didominasi nya mempesonakan abad
ke-20 merupakan abad itu titik tetapi abad ke-20 kita adalah abad kemunduran
besar. inilah abad kemunculan kelas gila kekuasaan dan pencinta uang, mereka
menguasai pikiran dan filosofi besar abad ini maka abad inilah ilmu dikawinkan
dengan uang.
Abad
20 telah menjadi abad analisis ilmiah, abad netralis ilmiah, abad ke-3 filsafat
sejarah dicampakkan ketika dilenyapkan anne-marie lah abad yang ketiga
kepercayaan dipilah-pilah dan ditaklukan agar kekuasaan bisa berkuasa atas
dasar keyakinannya atas kekuasaan suatu keyakinan yang lebih kuat dari
keyakinan lama. inilah abad ketika rasa kemanusiaan telah kehilangan keyakinan
dan tanggung jawab untuk ideal-ideal yang dihargai nya dan Abadi ketika para
ilmuwan kehilangan kesadaran ilmiah yang sejati dan kehilangan tanggung jawab
sosialnya. semuanya terpengaruh atas kekuasaan yang lebih berkuasa lagi titik
tetapi ideologi adalah sebagai ancaman yang besar bagi kekuatan yang tengah
berkuasa dan bagi sistem kapitalis
.
Mempunyai ideologi berarti mempunyai suatu keyakinan kuat tentang Bagaimana
mengubah statusku titik kesadaran ideologis merupakan suatu kesadaran khusus
yang khas bagi manusia apa pun tidak memandang status suku atau status sosial
pendidikan dan lain sebagainya. 1 definisi ideologi yang sangat sensitif adalah
harus ada pikir tetapi rausyanfikr selama ini digunakan sebagai istilah bagi
mereka yang bekerja menggunakan otak yakni kaum intelektual mahasiswa mahasiswa
pelajar guru dan lain sejenisnya. padahal makna khususnya adalah seorang yang
mengikuti Ideologi dan dipilihnya secara sadar. Ideologi dan kesadaran kelasnya
yang menolongnya sebagai kesadaran hidup tertentu suatu arah hidup suatu
perbuatan dan suatu pemikiran yang khas dengan ideal yang khas pula
Gerakan-gerakan
besar yang dipimpin oleh para nabi dan rasul dari zaman prasejarah hingga abad
Muhammad sebagai Rasul Tuhan terakhir adalah gerakan-gerakan ideologis yang
bermaksud mencerahkan umat manusia. mereka mempunyai keyakinan besar mereka
memilih menjadi milik masyarakat kebanyakan mereka membantu orang-orang yang
tertindas dan lemah tetapi mereka sering mempertentangkan dan di antagonis kan
terhadap kelas-kelas yang berkuasa pada zamannya. mereka ibarat bunga api yang
dipijarkan oleh benturan batu titik ideologi sebelum era nabi tumbuh dari
rakyat kebanyakan dari penderitaan rasa sakit dan kebenaran mereka
0 Comments