RANGKUMAN BUKU IDEOLOGI KAUM INTELEKTUAL SUATU WAWASAN ISLAM ALI SYARI’AT

bismillah

oleh: Alamsyah gautama

    Sejarah pada 10 Muharam 61 Hijriah dimana terjadi Karbala yang menghadapkan Husein cucu Rasulullah yang ber pengikut sebanyak 72 orang dengan Yazid cucu Abu Sufyan yang ber tentara sebanyak Rp30.000. tentara Hussein mengalami kekalahan dan kepala Husein sendiri dipotong membersihkan jutaan orang yang turun ke jalan-jalan untuk mengenang tragedi ini. kesadaran sejarah ini yang membersit ketika pada 10 Muharam 1398 jutaan orang turun ke jalan-jalan di Teheran. yang paling depan memakai kain kafan, siap menyambut Syahadah. ketika senjata mesin menghujani mereka kain kafan diwarnai cipratan cipratan darah. Ribuan Orang berguguran. Mihrab Syiah adalah Mihrab darah, dalam hidup Syiah tiap hari merupakan Asyura setiap tempat menjadi Karbala. semboyan inilah yang dikumandangkan oleh revolusi Islam di Iran yang mengungkapkan Kesadaran sejarah yang tertanam pada anak-anak Iran


     Dengan kesadaran ini, kita akan melihat lebih terang kehidupan dan pandangan Ali syariati . syariati merasa terikat secara emosional kepada ayahnya yang meninggalkan gemerlapnya Teheran dan memilih padang pasir kafir: kepada Al khuza'i hamadani Seorang sufi yang dibakar hidup-hidup karena mempertahankan keyakinan keyakinannya kepada Imam Husain dan imam-imam Syiah lainnya yang terbunuh sebagai Syuhada kepada Ali bin Abi Tholib, kepada Muhammad SAW. bahkan kepada seluruh Nabi dan rasul yang bangkit menentang Tirani yang memihak kelompok mustadh'afin

     Pola hidup syariati bukan saja dibebankan amanat yang diwarisi dari nenek moyangnya tetapi juga beban yang berat untuk mencari kebenaran dan keadilan an-nur kan sepanjang sejarah dan pada setiap zaman oleh mereka yang tertindas teraniaya dan terhina tulis Golam abad voli ketika menguraikan sekilas riwayat hidupnya. syariati memandang hidupnya sebagai kelanjutan rentangan sejarah umat yang tertindas dan emosinya akan bangkit ketika ia bercerita tentang Husein melawan Yazid Ali menentang muawiyah bahkan mendiskusikan filsafat dalam kisah qobil dan Habil.

     Menurut syariat, para Nabi Ibrahim Iyah adalah pelanjut pelanjut perjuangan Habil. para nabi Para nabi menurut syariati adalah orang-orang yang terlahir dari tengah-tengah masa lalu memperoleh tingkat kesadaran yang sanggup mengubah suatu masyarakat korup dan beku menjadi kekuatan yang bergejolak dan kreatif yang pada gilirannya melahirkan peradaban kebudayaan dan pahlawan. para nabi datang bukan sekedar mengajarkan dzikir dan doa melainkan datang dengan suatu ideologi pembebasan.


     Dalam salah satu karyanya Husein pewaris Adam syariati menunjukkan bahwa Islam Bukankah ideologi manusia yang terbatas pada masa dan Persada tertentu tetapi merupakan arus yang mengalir sepanjang perjalanan sejarah yang tidak henti-hentinya menurutnya, setelah Nabi dan Rasul wafat yang menjadi pelanjut perjuangan mereka adalah kaum intelektual rausyan Fikri. maksudnya adalah kaum intelektual dalam arti yang sebenarnya yang bukan hanya sarjana bukan hanya ilmuwan melainkan orang yang terlibat secara kritis dengan nilai tujuan cita-cita yang mengatasi kebutuhan-kebutuhan praktis dan mencoba membentuk lingkungannya dengan gagasan analitis dan normatif dan menguasai ajaran Islam

    Pada diri syariati kita melihat sifat-sifat Ulil Albab ayahnya telah menjadi model Ulil Albab baginya yang telah mewariskan perjuangan kepada kebenaran Kerinduan kepada Syahadah dan ketertarikan kepada Islam titik gairahnya mencari ilmu menyebabkan Ia belajar Bukan saja di ruangan kelas namun juga di luarnya. pada saat itu ia menjadi mahasiswa fakultas sastra, syriatyi menunjukkan daya kritisnya. ia sering berdebat dengan dosen dosennya titik sebagai intelektual ia melatih dirinya terjun mendidik masyarakat ia mengajar pada beberapa sekolah menengah.

    Tahun 1960, ia berangkat ke Perancis untuk melanjutkan studi dalam bidang sosiologi. tak hanya metode baru dalam mengikis masyarakat tetapi juga informasi yang di negerinya sendiri tidak ia peroleh kemudian ia dapatkan. 4 tahun kemudian ia pulang ke Teheran dengan gelar doktor seorang istri dan 2 anak namun Iran menyambutnya dengan kejaran. setelah keluar tahanan ia kembali mengajar seperti dahulu dan diterima mengajar di universitas Masha titik metode mengajar nya yang tidak konvensional menarik para mahasiswa. namun pihak universitas memandang kuliah Syariah di sebagai hasutan yang membahayakan rezim yang memerintah sehingga ia dipindahkan kan ke Teheran. di sana di salah satu Institut keagamaan husainiyah Irsyad ia memberikan kuliah-kuliah tentang Islam, namun ia tak banyak berbicara dengan para intelektual melainkan hanya rakyat Iran. seperti yang diduga, husainiyah Irsyad juga ditutup dan shariati kembali mendekam di penjara. setelah keluar dari penjara meskipun diawasi ketat oleh agen-agen rahasia Ia tetap memberikan ceramah-ceramahnya.




    Hidup syariati adalah hidup yang bergejolak, bergerak dan Tak Kenal lelah. seperti pandangan-pandangannya, hidupnya adalah panggilan untuk Ulil Albab yang mengajak secara tegas dan dan untuk membawa umat manusia bebas dari segala ketertindasan dengan ilmu-ilmu yang dimiliki yang dapat Dengan memahami keyakinan dasar dan proses sejarah yang membentuk mereka Dalam ideologi dan kaum intelektual ia menegaskan kembali peran agama sebagai ideologi yakni keyakinan yang dipilih secara sadar untuk memberikan respon pada kebutuhan dan masalah masyarakat yang terjadi. agama sebagai ideologi bukanlah agama yang mempertahankan legitimasi statusku tetapi memberikan arah kepada bangsa untuk mencapai apa yang dicita-citakan.

 

kebudayaan dan ideologi parahang

    Salah satu konotasi Farhan dalam bahasa parsi merupakan terjemahan dari kata Cultuur dalam bahasa Inggris dan kata itu merupakan terminologi baru di Iran ahli sosiologi eropa dan para pendiri mazhab pemikiran tertentu sangat banyak menyandarkan diri kepada kata kebudayaan, di antara mereka seperti Morris dan World spangler telah menafsirkan Kebudayaan sebagai sesuatu struktur utama masyarakat manusia. Spangler khususnya, mendirikan mazhabnya atas dasar aliran kebudayaan, ia berkeyakinan bahwa hidup aktif dan matinya suatu masyarakat tergantung pada kebudayaan yang disandangnya. Oleh karena itu, dalam menciptakan misi dan motivasi sosial dalam kurun waktu tertentu para pemimpin dan unsur-unsur pelopornya harus mengambil bagian dalam pemugaran kebudayaan sejak memperoleh penghargaan itu, kemudian menjadi persoalan sensitif dalam perkembangan memasuki pengkajian pengkajian sosiologi dan pemerintahan. setiap orang mulai menafsirkan menurut pandangan mereka sendiri dan selanjutnya kata itu memperoleh popularitas dalam ilmu ilmu sosiologi Psikologi dan antropologi

    Bagi kita dan orang sebelum kita, Sejarah adalah sekumpulan kejadian masa lampau yang terjadi atas proses berkesinambungan dari lahir tumbuh rendah, dan runtuhnya masyarakat dan pergantian masyarakat lama oleh yang baru Namun menurut ahli kebudayaan sejarah tidak terdiri dari satupun paste di atas tetapi sejarah terdiri atas pengkajian pengkajian terhadap kebudayaan manusia sepanjang zaman dari awal masa hingga kini. memadai lah untuk mengatakan Farhan yang tak diperhatikan sebelumnya di negara Iran menemukan identitasnya dalam kebudayaan kita titik jelasnya Farhan yang bermakna ke tidak sopan santun dan etika dalam kebudayaan kita digantikan dengan konsep kebudayaan Barat oleh pemikir-pemikir merdeka kita. hal itu memang pilihan yang tepat

Peradaban

    Salah satu definisi peradaban dan kebudayaan adalah keseluruhan akumulasi material dan spiritual umat manusia. definisi lain dikatakan kebudayaan dan peradaban adalah seluruh kekayaan materi dan spiritual suatu ras atau masyarakat tertentu

Kebudayaan dan Peradaban universal

    Kebudayaan Kebudayaan dan peradaban terdiri dari kekayaan kekayaan dan penciptaan penciptaan yang diakumulasikan oleh berbagai generasi dan masyarakat. keduanya membimbing seluruh umat manusia berkembang dari keadaanmu madis ke zaman baru mengantarkan manusia dari peradaban rendah ke peradaban yang lebih tinggi.

Kebudayaan dan peradaban etnis

    Kebudayaan dan peradaban etnis terdiri atas keseluruhan produk-produk dan kekayaan kekayaan yang khas untuk setiap ras. artinya keduanya mengandung ciri-ciri tertentu yang membedakan satu bangsa dengan bangsa lainnya Menurut Ibnu Katsir atau pemikir kulit hitam yang mewakili ras Afrika peradaban tidak dapat di monopoli hanya ada satu peradaban dan oleh karenanya sebutan senama bagi seluruh umat manusia adalah peradaban titik Salah satu fenomena nya adalah teknologi yang menjadi tulang industri di Eropa titik menurutnya juga kebudayaan adalah aspek etnis dari peradaban, sedangkan peradaban adalah ah aspek umum dari kebudayaan.

    Orang barat mengklaim bahwa kebudayaan adalah fenomena khas yang mampu dihasilkan oleh ras ras unggul yang tentu saja harus mempunyai perkembangan sistem saraf otak dan intelegensi yang istimewa sehingga hanya sedikit beras yang memenuhi syarat melahirkan kebudayaan dan mempersembahkannya kepada ras-ras lain yang tidak mampu menciptakan nya. saat ini hanya ras-ras Jerman yang mampu melahirkan kebudayaan dan ras-ras Barat saja yang yang layak melahirkan kebudayaan. sedangkan ras kulit hitam tidak sebab menurut mereka orang kulit hitam memiliki kekurangan intelijen intelegensia yang berbeda dengan mereka.

    secara mendasar  Peradaban Mekar bau membahu bersama lembaga perbudakan titik perbudakan membebaskan ras-ras unggul dari pekerjaan kasar dan memberikan banyak peluang bagi masyarakat untuk mengembangkan kekuatan mental mereka titik sedangkan yang mengerjakan pekerjaan kasar adalah budak-budak. mendefinisikan kebudayaan dan peradaban bahwa peradaban masa ini dihasilkan oleh berbagai bangsa yang telah berusaha keras mengembangkannya sepanjang sejarah. karenanya peradaban barat seperti yang kini terdapat di barat tidak lagi mempunyai arti merupakan pembelaan terhadap kaum rasnya yang dianggap memiliki kebudayaan dan ingin mengembalikan kepercayaan rasnya yang telah runtuh selama 3 abad penghisapan dan tipu daya muslihat Eropa. sehingga dia menegaskan bahwa kebudayaan adalah fenomena nasional.

    Orang timur yang semu Eropa yang menjelmakan diri mereka menjadi pemikir-pemikir merdeka adalah palsu semata titik mereka hanya menyandarkan segala kebutuhan mereka kepada Eropa. namun mereka tidak mempunyai hubungan dengan keadaan aktual mereka keluarga masyarakat dan situasi kelas mereka. itulah mengapa air Makassar yang membantah bahwa kebudayaan bukanlah barang konsumsi milik peradaban manusia. kebudayaan bukanlah barang temuan.

Modal kebudayaan

    Segala sesuatu yang telah diakumulasikan sebagai kebudayaan Iran: prinsip-prinsip Islam kisah mistis, seni, filsafat dan filosofi Islam membentuk kebudayaan kita titik semua itu diwujudkan oleh pribadi, satu kelompok, suatu generasi ke generasi ataupun suatu kurun waktu. suatu kebudayaan tidak terisolasi dari esensi suatu masyarakat yang dengan kemusnahan nya akan musnah pula suatu negara. kebudayaan lebih merupakan sifat bawaan suatu masyarakat daripada salah satu sumber daya material atau aktivasi modal yang melekat pada pinggiran atau tengah-tengah masyarakat titik kebudayaan adalah suatu proses Bagaimana cara menjadi? dan ia adalah esensi kemasyarakatan maupun spritual dari ras atau bangsa tertentu.

Pembawaan falsafah

    Pembawaan ini menyangkut berbagai manifestasi manusia titik seorang yang bukan memadai dalam suatu keadaan disuruh untuk mencoba keadaan tersebut akan bingung dengan keadaan itu

Pembawaan ilmiah

    Kebanyakan orang memiliki suatu pembawaan ilmiah namun tidak memiliki pembawaan keteknikan

Pembawaan sosial-politik

    Orang yang mempunyai dalam sosial politik akan terlihat menonjol Dan unggul dalam kepemimpinan titik sebaliknya jika seorang individu yang lemah pembawaan sosial politiknya dipilih menjadi pemimpin maka pemimpin lain yang mengangkat dirinya akan tetap muncul mengatasi pemimpin tersebut.

Pembawaan artistik

    Pembawaan artistik berarti orang yang tidak akrab dengan hal-hal yang berbau keteknikan, ilmiah maupun filsafat tetapi menguasai suatu pembawaan tertentu

Kesadaran teosofis dan agamis

    Kesadaran teosofis dan agamis merupakan perasaan-perasaan yang istimewa, satu jenis kehendak hati dan kekudusan sebagaimana rahasia Cinta tertentu dalam diri manusia dan kebudayaan kebudayaan baik yang bersifat nasional seperti yang didefinisikan oleh animecast air maupun yang bersifat universal sebagaimana yang diyakini oleh orang-orang barat didasarkan pada kesadaran kesadaran ini. kebudayaan itu setidaknya merupakan manifestasi dari salah satu kesadaran ini

    Jadi dalam suatu definisi yang tepat dan ringkas, kebudayaan terdiri dari manifestasi berbagai kesadaran falsafah kesetaraan artistik agamis ilmiah, keteknikan politik dan sebagainya. semua ini muncul dalam setiap kebudayaan walaupun kesadaran yang paling kuat selalu memainkan peran yang paling dominan dalam formasi suatu kebudayaan titik akhirnya berdasar keberadaan berbagai kesadaran tadi kita dapat mengelompokkan semua kebudayaan

Ideologi

    Para ahli sosiologi telah mendefinisikan semua jenis pembawaan tapi tidak menyadari adanya pembawaan yang paling berharga dan bernilai yang bukan ilmu teknologi seni, cita rasa keagamaan maupun sosial politis. akan tetapi ia merupakan suatu kesadaran diri yang istimewa. kesadaran diri ini selalu bersinar bagai kilat sebentar menyinari ke sekeliling dan segera menghilang yang menjadi cirinya dalam sejarah.

  kualitas dan nilai kesadaran diri

    Kesadaran diri manusia bukanlah manifestasi dari tipe-tipe kesadaran politik sosial dan lain sebagainya maupun produk dari semua itu melainkan  sama sekali independen\

Desain masalah dari suatu perspektif lain

    Setiap kelompok yang bernaung di bawah suatu ciri tertentu akan memberikan perspektif   yang lain dengan kelompok lain. suatu masyarakat dibentuk oleh sebuah ideologi yaitu kesadaran diri tertentu seorang manusia yang membentuk masyarakat yang akan memberikan pandangan mereka dengan perspektif yang berbeda dengan masyarakat yang berbeda ideologi dengannya

Masyarakat Islami

    Agama menemukan bangsa Persia Romawi Turki, Arab, suku badui di padang pasir Arabia dan penduduk yang berkiblat pada peradaban Yunani yang pada awalnya mereka tidak mempunyai filsafat seni politik hukum maupun keterampilan teknik menemukan segala berkat salah satu kesadaran diri mereka tidak ada suatu kekuatan dalam diri manusia yang mampu membentuk masyarakat dan Mencetuskan gerakan maupun tujuan-tujuan masyarakat keberadaan iman dan ideal-ideal masyarakatlah yang berperan dalam mempersiapkan suatu masyarakat dan memunculkan kaum muda ke permukaan kemudian dalam suatu masyarakat muda bakal tumbuh mekar hal-hal seperti citarasa perpuisian keindahan dan kebaikan.


Peradaban Madinah

       Madinah 100 tahun setelah zaman di mana Disana hanyalah desa kecil dengan penduduk asli kaum Aus dan khazraj serta seorang Yahudi tukang permata dan keluarganya menelan kebudayaan-kebudayaan timur dan barat serta menjadi penampung pemikiran pemikiran dan kebudayaan-kebudayaan itu. orang-orang di sana menerjemahkan dan mengumpulkan semua pengalaman manusia yang pernah ada dari karya-karya filosofis hingga keteknikan.. dari sinilah guru-guru besar menyebarkannya ke seluruh penjuru dunia.

Kesadaran diri

        Weda, yang disebut di Yunani dan India merupakan suatu pengetahuan khusus dalam melihat atau suatu pandangan yang merupakan senjata sejenis kesadaran diri serta kemampuan melihat yang tersembunyi untuk menemukan jalan dan merupakan jenis Tabula Rasa dari pikiran tidak akrab dengan filsafat dan teknologi maupun hal lainnya yang menemukan jalan seperti itu.

Apakah yang dimaksud dengan Hikmah atau kebijaksanaan?

    Hikmah bukanlah suatu ilmu filsafat maupun teknologi titik-titik mah mengandung suatu ajaran istimewa yang oleh seorang Umi didatangkan kalangan rakyat jelata untuk membangun suatu masyarakat baru dan kebudayaan baru. Alangkah indahnya isyarat dari Alquran siapapun yang dimunculkan untuk menjadi pemimpin selalu berasal dari jantung rakyat, dialah seorang Ummi.

Ideologi dan kaum intelektual

    Kata ideologi biasa diasosiasikan dengan kaum intelektual, keduanya saling melengkapi titik dengan alasan ini, kaum intelektual seharusnya punya suatu ide yang gamblang tentang Kata ideologi ideologi yang dibentuk oleh kata idea yang berarti pemikiran kekayaan, konsep keyakinan dan sebagainya dan kata logika yang berarti logika ilmu atau pengetahuan dapat didefinisikan sebagai ilmu tentang keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan. menurut definisi tersebut ideologi adalah suatu penganjur suatu keyakinan atau ideologi tertentu dalam konteks ini ideologi mengandung keyakinan keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok Suatu kelas sosial suatu bangsa atau suatu ras tertentu. Sedangkan ilmu adalah pengetahuan manusia tentang dunia fisik dan gejala-gejalanya

    Selama ini ideologi dikaitkan dengan filsafat titik tetapi harus diingat bahwa ideologi hanya sedikit berhubungan dengan filsafat, sebagaimana halnya dengan ilmu pengetahuan filsafat dapat diartikan sebagai pencarian untuk memahami sesuatu yang umum dan tidak diketahui, yang ilmu pengetahuan sendiri tidak mampu mencapainya. ideologi meyakini 3 peringkat titik yang pertama adalah cara kita memahami dan menerima alam semesta kemaujudan dan manusia titik peringkat kedua terdiri atas cara tertentu kita dalam memahami dan mengevaluasi segala benda dan gagasan yang membentuk lingkungan sosial dan lingkungan mental kita titik peringkat ketiga berupa usul-usulan metode metode pendekatan pendekatan dan ideal-ideal yang akan kita manfaatkan untuk mengubah status quo yang tidak memuaskan kita titik pada peringkat ketiga inilah ideologi harus memulai menyelenggarakan misinya dengan memberikan bimbingan melalui usulan-usulan tujuan-tujuan dan ideal-ideal yang diinginkan serta rencana rencana praktis yang di atas dasar itu kondisi yang sedang berlangsung pada suatu masyarakat mesti berubah dan berkembang

    Ideologi menuntut para intelektual bersikap Setia titik bagi ideologi tertentu ideologinya adalah suatu keharusan titik tidak seperti filsafat dan ilmu pengetahuan yang tidak menganut suatu komitmen seperti itu titik-titik Sahabat tidak sepenuhnya membentuk ideologi titik manusia kebanyakan lah yang membentuk ideologi-ideologi Serta mengajukan tujuan-tujuan ideal mereka titik yang pasti nabi-nabi lah yang memperkenalkan ideologi-ideologi mengubahnya menjadi keyakinan-keyakinan serta memimpin rakyat dalam kebanyakan dalam praktek-praktek mereka.

    Hubungan ideologi dengan agama dalam bentuk tak ideologisnya agama adalah seperti yang dikemukakan oleh durkheim suatu kumpulan via Kinan warisan nenek moyang dan perasaan-perasaan pribadi agama jenis ini tidak harus merupakan manifestasi dari semangat dan ideal kemanusiaan sejati titik agama ini juga lazim ditemukan di Teheran. ada agama lain yang agak berbeda dengan yang dikemukakan oleh durkheim dan itulah ideologi yang dianut oleh suatu pribadi atau suatu masyarakat atau suatu bangsa melalui kehendak bebasnya sendiri titik tetapi agama tradisional itu terlalu tegar untuk memperbolehkan kebebasan ideologisnya

    Tetapi sebagai ideologi agama adalah keyakinan yang secara sadar dipilih untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan serta masalah-masalah yang ada. ia mengarahkan suatu masyarakat atau suatu bangsa untuk mencapai tujuan-tujuan dan ideal-ideal yang mereka cita-citakan yang untuk tujuan dan ideal tersebut mereka rela berjuang dan bertempur seseorang yang sedang memilih suatu ideologi pertama kali akan berpikir tentang status kelas sosialnya ekonomi dan politik masyarakatnya serta keadaan masa itu titik dalam sejarah ada dua agama atau 2 peringkat. agama jenis pertama adalah agama ideologi sedang agama jenis kedua adalah agama sebagai suatu kumpulan tradisi tradisi daerah atau konvensi-konvensi sosial atau sebagai semangat kolektif suatu kelompok

    Bila sekelompok orang atau suatu kelas atau suatu bangsa mulai memilih agama baru secara sadar dan bebas sebagaimana yang dilakukan oleh suatu kelas masyarakat tertentu di Arabia dahulu ada atau suatu bangsa yang tercampak dan tertindas di Iran sajalah maka keyakinan terpilih itu akan mengambil suatu bentuk ideologis, karena ia secara sadar dianut untuk mencapai suatu tujuan tertentu atau memenuhi suatu kebutuhan sosial

    Untuk menguji ideologi dalam kerangka gerak historisnya kita bisa memulai dengan zaman pertengahan titik periode sejarah tersebut merupakan kombinasi dari agama tradisional agama gereja agama feodalisme abad pertengahan Eropa yang menerima Kristen sebagai agama resmi dan mapan titik pada periode inilah Bible diterjemahkan kedalam  bahasa Latin yang merupakan bahasa kaum bangsawan gereja dan aristokrasi yang berkuasa. Bibel tidak boleh di terjemahkan kepada bahasa lain titik gereja mengklaim bahwa bahasa Latin adalah bahasa Tuhan. pada abad ke-15 dan 16, saat Residence Eropa meraih kesadaran dirinya dengan menemukan diri dan bergerak dari     tradisi ke ideologi titik abad ini kaum intelektual masyarakat juga Tengah mengalami pergeseran yang serupa berpindah dari agama dan kepercayaan tradisional kearah Ideologi dan pemikiran-pemikiran baru tetapi tidak berarti mereka sedang memusnahkan agama lama.

            Abad 15 dan 16 mengalami suatu kebangkitan besar-besaran secara tiba-tiba menentang agama Ortodoks dan menguasai Eropa hingga hadirnya refinance. abad ke-17 datang sebagai obatnya kelas intelektual yang telah terbebaskan dari pengaruh gereja itulah intelektualitas yang terbebas kan terbebaskan dan sadar. kemudian abad 18 sebagai masa kebangkitan nasional dan revolusi kemerdekaan yang merupakan abad Humanis humanitarianisme. kaum intelektual masa itu memiliki pemikiran-pemikiran analisis dan pemikiran-pemikiran yang bersifat mendidik mereka mendukung demokrasi kebebasan kemanusiaan dan Revolusi Perancis.

        Abad 19 merupakan abad ideologi titik revolusi di Eropa sejajar dengan kemajuan mental individu titik pada awalnya Eropa adalah penjiplak yang membabi-buta titik kemudian selangkah demi selangkah Ia belajar mengenali dirinya sendiri titik selanjutnya Eropa tampil melawan fanatisme dan berpikir kritis dalam menganalisis yang kemudian mengantarkannya mempunyai keyakinan yang khas dan jelas Suatu bentuk ideologi titik pada abad itu Eropa menghasilkan banyak ideologi besar bahkan eksistensialisme yang didominasi nya mempesonakan abad ke-20 merupakan abad itu titik tetapi abad ke-20 kita adalah abad kemunduran besar. inilah abad kemunculan kelas gila kekuasaan dan pencinta uang, mereka menguasai pikiran dan filosofi besar abad ini maka abad inilah ilmu dikawinkan dengan uang.

    Abad 20 telah menjadi abad analisis ilmiah, abad netralis ilmiah, abad ke-3 filsafat sejarah dicampakkan ketika dilenyapkan anne-marie lah abad yang ketiga kepercayaan dipilah-pilah dan ditaklukan agar kekuasaan bisa berkuasa atas dasar keyakinannya atas kekuasaan suatu keyakinan yang lebih kuat dari keyakinan lama. inilah abad ketika rasa kemanusiaan telah kehilangan keyakinan dan tanggung jawab untuk ideal-ideal yang dihargai nya dan Abadi ketika para ilmuwan kehilangan kesadaran ilmiah yang sejati dan kehilangan tanggung jawab sosialnya. semuanya terpengaruh atas kekuasaan yang lebih berkuasa lagi titik tetapi ideologi adalah sebagai ancaman yang besar bagi kekuatan yang tengah berkuasa dan bagi sistem kapitalis

.     Mempunyai ideologi berarti mempunyai suatu keyakinan kuat tentang Bagaimana mengubah statusku titik kesadaran ideologis merupakan suatu kesadaran khusus yang khas bagi manusia apa pun tidak memandang status suku atau status sosial pendidikan dan lain sebagainya. 1 definisi ideologi yang sangat sensitif adalah harus ada pikir tetapi rausyanfikr selama ini digunakan sebagai istilah bagi mereka yang bekerja menggunakan otak yakni kaum intelektual mahasiswa mahasiswa pelajar guru dan lain sejenisnya. padahal makna khususnya adalah seorang yang mengikuti Ideologi dan dipilihnya secara sadar. Ideologi dan kesadaran kelasnya yang menolongnya sebagai kesadaran hidup tertentu suatu arah hidup suatu perbuatan dan suatu pemikiran yang khas dengan ideal yang khas pula

    Gerakan-gerakan besar yang dipimpin oleh para nabi dan rasul dari zaman prasejarah hingga abad Muhammad sebagai Rasul Tuhan terakhir adalah gerakan-gerakan ideologis yang bermaksud mencerahkan umat manusia. mereka mempunyai keyakinan besar mereka memilih menjadi milik masyarakat kebanyakan mereka membantu orang-orang yang tertindas dan lemah tetapi mereka sering mempertentangkan dan di antagonis kan terhadap kelas-kelas yang berkuasa pada zamannya. mereka ibarat bunga api yang dipijarkan oleh benturan batu titik ideologi sebelum era nabi tumbuh dari rakyat kebanyakan dari penderitaan rasa sakit dan kebenaran mereka

 

Post a Comment

0 Comments